Pages

Sabtu, 04 Juni 2011

Mengenal Search Engine dan SEO ( Search Engine Optimization)

Sebelum mengenal istilah SEO, sebaiknya kita kaji dulu apa itu Search Engine..
Hmmmmm…Apa ya???

Search Engine atau yang dapat disingkat SE itu adalah kepanjangan dari Mesin Pencari..
Jadi Search Engine atau mesin pencari ini tergolong web services atau tools layana web yang dipakai buat mencari segala informasi data yang tersebar di internet. Sebuah SE memiliki sebuah gudang data yang amat besar, yang didalamnya menyimpan jutaan informasi dari berbagai sumber dari website, blog maupun dari server mana saja yang telah didaftarkan pada SE tersebut.
Disebut Mesin Karena sebuah SE memiliki system atau alat dalam bentuk program yang dapat melayani semua permintaan penggunanya, mesin atau program tersebut dapat mengaduk- aduk secara cepat data yang ada di database, kemudian dengan cepat pula melaporkan untuk ditampilkan kepada peminta yang mencari data.
Berikut tiga contah mesin pencari yang paling popular saat ini, dan mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda semua.

1.        www.google.com
Google adalah mesin pencari otomatis yang menggunakan software yang dinamakan spiders (robotnya google). Spiders bekerja untuk mencari web secara teratur dan menambah web yang dicarinya kedalam index database google.

Untuk melihat apakah web sudah masuk atau belum ke dalam index database google, dapat dilakukan dengan mengunjungi website google.com kemudian mengetikkan url website atau kata kunci tertentu pada kolom pencarian. Misalnya anda ingin melihat berapa banyak  alamat url www.geluduk.blogspot.com yang sudah dibaca oleh database google, maka perintahnya adalah “site:geluduk.blogspot.com”, ketik pada form tanpa tanda petik.lalu enter, maka lihat berapa banyak url tersebut yang sudah terindex oleh database google. Mudah bukan.

2.        www.yahoo.com
Yahoo.com adalah salah satu mesin pencari erbesar selain google dan bing.com. yahoo! Mempunyai mesin pencari yang dinamakan My Web2.0, mesin pencari ini melengkappi pencarian web dengan menambahkan komunitas terhadap kata kunci yang dicari tersebut.
Teknologi dari yahoo dinamakan My Rank, kekuatan My Rank adalah selain menemukan halaman halaman yang dicari juga menemukan kata kunci yang dicari tersebut sehingga akan menimbulkan komunitas.

3.        www.bing.com
Bing.com merupakan search engine (mesin pencari) yang beranaung dibawah bendera Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni live search, windows mobile search, dan Msn search. Produk mesin pencari yang baru ini secar resmi diluncurkan pada tanggal 3 juni 2009 dan menggantikan mesin pencari sebelumnya yaitu live search.

Ada beberapa mesin pencari lainnya yang perlu diketahui, setidaknya untuk menambah informasi..:D
-        Baidu.com (www.baidu.com) mesin pencari ini berasal dari cihna yang saat ini menjadi pesaing google di china
-       Ask.com (www.ask.com) mesin pencari ini disebut juga dengan ask jeeves yang didirikan pada tahun 1996
-         Technorati.com (www.technorati.com) mesin pencari ini merupakan salah satu search engine yang menghususkan diri pada blog.

Mengenall Istilah SEO
            Optimisasi mesin pencari atau populernya diberi nama SEO (Search Engine Optimization), adalah serrangkain proses yang dilakukan secara sistematis, bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web/blog tertentu, yaitu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama dari hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Demikian Pemabahasan Pengenalan tentang Search engine dan SEO.. 
Semoga bermanfaat....
 



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar